Aug 9, 2012

Beda Harga Beda Timbangannya


Posted by Eka on Jul 30, '12 6:54 AM for everyone

Kemarin sore ke Pasar Pucung deket rumah beli bahan-bahan buat masak buka puasa, ceritanya lagi pengen bikin ayam bumbu rujak :). Aku cuma beli ayam, bakso, cabe, bawang merah, bumbu dapur, jeruk nipis, & kelapa parut.

Semua beli di tempat biasa aku beli, bukan langganannya enyak. Lha wong aku ga tahu yang mana langganannya Enyak. Belanja di pasar ini yaa selalu sendiri, ga pernah dikasih tahu harus ke penjual mana. Beda kalo belanja di Pasar Minggu udah pasti di langganannya Enyak, udah ditraning soalnyah. Berhubung aku cari langganan sendiri, ada aja deh kurangnya pas ditanya Enyak, yang harganya mahal lah, barangnya kurang bagus dan ada yang busuk, bawang merahnya kecil atau basah lah, pokoknya ada aja yang ga pas, hahaha. Kalo udah dikomplain sama Enyak yaa tinggal pindah ke pedagang laen :)

Kemarin itu yang jadi masalah beli bawang merah, entah kenapa kepingin beli di tukang bumbu giling yang biasanya harga cabenya lebih murah, dia jual juga yang ga digiling. Aku tanya bawang merah berapa 1/2 kg. Katanya Rp 7.000. Yo wish beli 1/2 kg, bawang merahnya ukurannya sedang dan kering, pasti ga dikomplain :). Cabe campur juga beli di situ, 1/4 kg Rp 6.000, cabenya juga bagus dan segar, ga lembek. Niatnya mo beli bumbu dapur di situ, tapi daun jeruknya abis, batal deh beli di situ.

Akhinya beli bumbu dapur di tukang kelapa parut, biar sekalian. Pas lagi nunggu ga sengaja aku liat bawang merahnya kering dan ukurannya ga kecil-kecil amat. Iseng aku tanya ke Ibunya berapa harganya, katanya Rp 5.000 1/2 kg. Waaaa aku merasa tertipu, yang ini lebih murah, jadi sebel sama ibu sebelumnya. Aku beli sekilo di situ bawang merahnya. Khan lumayan yaaa selisihnya *ogah rugi*
Setelah bayar aku langsung pulang. Semua pesenan Enyak udah di tangan.

Sampe di rumah iseng aku timbang pake timbangan Enyak di warung. Ternyata oh ternyata bawang merah yang harganya Rp 7.000 timbangannya pas 1/2 kg. Dan Bawang merah yang harga Rp 10.000 cuma 9 ons, ga ada 1 kg padahal aku bilangnya beli 1 kg.
Huuuu Ibunya ternyata mainin timbangan meskipun harganya lebih murah. Waduh Bulan Puasa gini, semoga ibunya diberi hidayah sama Allah dan ga mainin timbangan lagi :)

Sama Enyak ditanya timbangannya bukan timbangan jadul yang ada batunya kayak punya Enyak yaaa? Iya betul, timbangan yang dipake adalah timbangan yang ada jarumnya. Kata Enyak timbangan begitu emang gampang dimainin. huuuu.... Besok-besok ga boleh tergoda sama harga lebih murah, kalo belanja di pasar hati-hati yaaa temans :)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men