Mar 2, 2013

Bolu Karamel (Not Bad But Not Succed)


Seperti yang udah aku tulis sebelumnya kalau aku malam ini akan mencoba bikin bolu karamel, I did it, tapi yaaa gitu, "Gagal tapi Lumayan", hehehe menghibur diri banget. Aku coba resep ini, udah berusaha semaksimal mungkin tapi hasilnya belom sebagus si Empunya resep, besok coba lagi..... Ga boleh patah semangat......
Pulang kerja aku mampir ke Tip Top untuk beli bahan-bahan yang ga ada di rumah, seperti : soda kue, baking powder, dan susu kental manis. Aku sekalian beli whisk juga sih, secara di rumah ga ada. Harap maklum Emak sayah ga hobi sama urusan dapur, peralatan perang bikin kue pun cukup minim :)-

Sampai rumah setelah bebersih langsung nimbang-nimbang bahan, dan bikin karamel. Karamel diselesaikan tanpa ada masalah. Masalah muncul waktu mau masukin loyang yang berisi adonan ke dalam oven tangkring, Emak bilang "Ini mentega ga dimasukin" Yaaaa aku lupa masukin mentega. Menteganya sengaja aku cairin, melenceng dikit dari resep, aku ingetnya waktu jaman SMP bikin menteganya dicairin.Ya sudah aku ikutin aja itu ingatan aku yg sepertinya mulai lapuk... hahaaha
Aku langsung masukin dan aduk aja deh di loyang, hahaha *parah
Mungkin proses ini yang bikin lapisan olesan mentega dan awuran tepung terigu di dasar dan dinding loyang.

Setelah mentega cair tercampur rata sama adonan langsung dimasukinn ke oven tangkring yang pastinya udah dipanasin dulu. Kalau sesuai resep khan manggangnya cukup 45 menit sajo, tapi aku sadar diri, oven yg dipake ga secanggih oven yg dipake ibu-ibu muda jaman sekarang, jadi yaaa harus bener2 nusuk kue pake tusuk gigi / lidi dan sabar karena membutuhkan waktu lebih lama dibandingin kompor jaman sekarang., supaya tahu udah mateng atau belum. Pas ngecek-ngecek ternyata bagian pinggir udah mateng yg ditandai dengan ga ada adonan kue yg menempel di lidi. Tapi begitu ngecek bagian tengah, masih lembek ternyata.... Tusuk giginya penuh adonan :(

Pas kuenya diangkat bagian tengahnya emang terlihat basah, bagian pinggirnya kering. Permasalahan ada ketika itu bolu bakal dikeluarin dari loyang, ihhhh susah bener itu keluarnya, harus bener-bener pake cara kasar, minta bantuan sama pisau....

Setelah beberapa saat bisa juga itu kue keluar dari peraduannya. Ditunggu dingin bentar, rasanya not bad, cuma agak manis dikit. Tapi bentuknya ancur, hahaha efek dipaksa keluar dari loyang kali yaa....
Besok nyoba lagi ahhh.
Semmmmaaanaaatttt!!!!
Satu saat pasti akan berhasil, ga tahu setelah percobaan ke berapa, hahahaha
Jangan pernah lelah untuk mencoba yaa ji :)

4 comments:

  1. Manah potonyah? Hehe...

    Aku juga kalo masak, rasa suka lumayan oke, tapi bentuk nggak karu2an :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya ga ok sih mbak ied.... ga aku foto deh... tar yaaa kalo hasilnya udah bagus, aku bawain buat mbak ied, tolong doain yaaa :) * ga tahu deh kapan lagi mau bikin, hehehe

      Delete
  2. Wakakakakakakakaka..... akhirnya jadi buat juga
    yahhh semua juga harus gagal dulu.. kalo ga gagal ga akan pernah mau belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, gagal maning...gagal maning :)

      Delete

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men