Aug 9, 2012

Si Kembar


Posted by Eka on Jun 13, '12 11:01 AM for everyone


Beberapa hari yang lalu Emak  ngabarin si kembar anaknya Bang Madin berhenti sekolah. Dan Bang Madin pun kuciwa berat dengan pemberitahuan dari kedua anaknya. 
Dia  patah semangat..... dia banting tulang supaya bisa nyekolahin anak kembarnya, tapi si kembar malah memutuskan berhenti sekolah. 

Bang Madin adalah orang yang dekat dengan keluarga kami. Kita bersama-sama selama seumuran Engat, kurang lebih 20 tahun *lama yaa.....
Bang Madin berprofesi sebagai tukang abu yang merangkap jual beli barang bekas. Kalo lagi sepi ganti profesi jadi pemulung, atau kerja sama Emak, beresin barang-barang bekas yang akan dijual. 
Setelah Emak berhenti bergelut sama barang-barang bekas, Bang Madin melanjutkan hidupnya sebagai tukang abu & pemulung di Kalibata. Kalo lagi capek pulang ke rumah kami, yang mana semua adik-adiknya tinggal berdekatan dengan kami. Rumah kami dibangun di atas tanah keluarga Bang Madin, udah dibeli sama Emak tentunya :)

Kenapa Bang Madin ga pulang ke keluarganya, menemui istri dan anak-anaknya? 
Keluarganya ada di Semarang sana. Dia sudah tidak sepaham dengan istrinya karena banyak hal. Berhubung dia masih memiliki anak kembar usia sekolah, dia masih sering pulang untuk membayar sekolah anaknya. Bukan pulang ke rumah, biasanya langsung menuju sekolah, bayar-membayar dan balik lagi ke Kalibata. 
Bang Madin sering nelp si kembar, begitu juga si kembar. Komunikasi berjalan lancar. Si kembar harusnya akan naik kelas II SMK kalo ga berhenti. Mereka berhenti sekolah sekitar 2 bulan yang lalu. Si kembar baru laporan kalo udah ga sekolah setelah mereka berhenti hampir sebulan lebih. 

Aku sama Emak bertanya-tanya kenapa si kembar bisa berhenti sekolah. Selama 6 bulan terakhir Bang Madin ga pernah pulang ke Semarang untuk bayar sekolah, tapi dia selalu transfer uang ke rekening istrinya. Aku sendiri yang mentransfer ke rekening istrinya. Tentu aku wanti-wanti kalo di transfer ke istrinya uangnya bakal untuk bayar sekolah apa ga, sebelumnya uang gedung diserahkan ke istrinya tapi habis entah kemana. Dia kelimpungan dung cari uang lagi, alhamdulillah waktu itu keluarga kami ada sedikit tabungan, jadi bisa terselamatkan sekolahnya.

Jangan-jangan sekarang juga begitu, uang sekolah yang ditransfer ga dibayarin, jadi si kembar menunggak dan akhirnya berhenti. Istrinya Bang Madin memang kurang setuju si kembar sekolah.  Yaa di jaman seperti ini masih ada orang tua yang ga setuju anaknya sekolah. *parah yaa

Ehm semua orang emang punya pilihan masing-masing untuk masalah sekolah. Si Kembar ngingetin aku sama temen SMP, sebut saja Bunga.  Waktu itu dia sempet berhenti sekolah waktu kelas I SMK, pas denger aku sama Eka ngedatengin rumahnya dan ternyata bener dia ga sekolah lagi. Pada saat itu kita ngerasa iba, kita cari bantuan buat Bunga, apalagi Bunga anaknya pintar, sayang aja kalo berhenti di tengah jalan. Kita cari dana ke orangtua temen-temen sekelas yang berkecukupan. Hasilnya kita bisa bayar tunggakan uang sekolah Bunga. 
Bunga pun bisa masuk sekolah lagi, seminggu kemudian dapet  kabar Dachlia berhenti sekolah lagi..... Haduh..... patah semangat deh kita...... Dibujuk-bujuk tetep ga mau sekolah.... Haduh... apa mau dikata....
Itu hidupnya dia.....

Sekarang Bang Madin jadi lebih pendiam, mungkin sedih mikirin si kembar. Bingung juga nanti setelah dia tahu bakal hidup di mana, dia pernah bilang bakal ikut keluarga kami. Kami pun mengiyakan, Bang Madin sudah seperti keluarga kami sendiri. Seperti  pengganti Bapak yang pergi dan memilih kehidupannya sendiri. 

Someday kalau Allah mengijinkan dan ada rejeki lebih, si Kembar dijemput aja dan disekolahkan disini. Itu juga kalo mereka mau. Untuk saat ini belum bisa karena masih terbentur masalah finansial. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi kita semua, amin.. Insya Allah secepatnya... amin....

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men