Aug 9, 2012

Nyatet ? Penting Lho...


Posted by Eka on Mar 18, '11 10:52 AM for everyone


Hee.... dah kayak sekolah aja yaa??? Pake ada acara nyatet segala... Tentunya bukan nyatet pelajaran sekolah atau nyatetmateri kuliah yaa... Yang aku maksud di sini adalah mencatat aktivitas yang aku lakuin, terutama yang berkaitan sama uang atau pihak lain. Mencatat apa yang terjadi di keseharian kita akan sangat bermanfaat untuk orang pelupa macam aku ini (asal jangan sampe lupa nyatet aja ya....) Kerjaan di kantor mengharuskan aku mencatat peredaran SPJ, sirkulasi kas yang dipercayakan ke aku, penggunaan materai, dan masih banyak lagi yang harus dicatat. Aku ga mau ada kejadian lagi kuitansi raib entah kemana gara-gara aku. Jangan pernah kepedean, ahh ingatan gue bagus koq untuk mengingat apa pun, hohoho.... Are you sure???

Sebenernya aku bukan tipe orang yang rajin mencatat, sampe aku menulis ini aku masih bermasalah dengan segala macam karena aku ga punya catatan. Makanya aku nulis ini biar akunya lebih sadar dan rajin nyatet, jadi aku ga perlu menemui masalah apa pun di kemudian hari. Aku bener-bener lagi belajar mencatat apa yang harus aku lakuin, apa yang terjadi sama kerjaan yang mana sangat perlu mencatat, hiks... . Ayo ji semangat.......

Sekarang pengen bener-bener nulis lagi di diary (flash back jadi gampang euy), kalo lagi baca ulang diary jadi ketawa sendiri, kagum sama diri sendiri, kadang juga sebel sama diri sendiri, dan dari situ kita bisa belajar, menuliskan apa yang kita rasain bisa membuat kita lebih baik lho, setidaknya yang aku rasain kayak gitu.  Aku pengen hidupku jadi lebih terarah, bener-bener bisa mengkontrol diri dan uang, hahaha..... Pokoknya aku harus punya catatan pribadi (semangat 45, pasang ikat kepala). Tapi ga perlu lebay nyatet di angkot lah... tahu tempat dung ahhh...


Mengapa harus dicatat????
Dengan mencatat kita jadi punya record apa yang udah kita lakukan, someday record-record ini bisa kita jadikan reminder buat diri kita sendiri atau bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan. Misalnya kita mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran kita, nahh dari catatan-catatan ini kita bisa tahu pengeluaran kita berapa c?? Dibuat apa aja c uangnya?? besar pasak dari pada tiang ga? Kalo kita sebelumnya juga mencatat budget, kita bisa evaluasi to dah sesuai sama budget kita belum itu pengeluaran.

Catatan juga bisa menyelamatkan diri sendiri dari tuduhan hilangnya apa pun dalam bekerja. Di kantor sering banget SPJ raib entah kemana, di sini catatan di buku ekspedisi berperan menyelamatkan kita. Kalo kita punya catatan / tanda terima, kita tinggal tunjukin aja to catatan, SPJ dah aku kirim ke bagian mana, yang nerima siapa, bisa keliatan toh jejaknya, pastinya aku ga bisa disalahin :P

Apa aja yang bisa kita catat???
Waaaa banyak banget yang bisa kita catat dan akan berguna di kemudian hari, kalo menurut aku ini :
  • Segala sesuatu yang berhubungan sama uang, baik uang pribadi atau pun uang lembaga yang kita pegang. Yang namanya uang sensiif banget, kalo ga ada recordnya bisa berabe.
  • Rencana-rencana / jadwal yang kita akan kita lakuin, bisa bugdet pemasukan & pengeluaran uang, atau kegiatan kita, nantinya kita bisa bandingin sama realisasinya.
  • Ibadah yang kita lakuin, biasanya disebut mutabaah harian, jadi kita bisa liat niey track record ibadah kita, harapannya kita bisa terus lebih baik dari hari kemaren, supaya jadi orang yang beruntung.
  • Buat perempuan penting banget lho mencatat jadwal haid kita, tgl mulai & berakhirnya (bisa jadi pengingat utang berapa puasanya, he...)
  •  List-list yang menurut kita penting, misal : list belanjaan, list ultah teman / kerabat, list barang-barang impian, dll.
Buat praktik aku hal pertama yang aku lakuin adalah nyatet apa aja yang harus aku lakuin di kantor besok, bikin budget pengeluaran sampe akhir bulan, bikin mutabaah harian, terus berjanji sama diri sendiri bakal nyatet kejadian apa pun yang bisa & perlu aku catat demi kemaslahatan penghuni kantor : nyatet pemakaian materai, pengeluaran & pemasukan uang kas kantor, nyatet pengeluaran pribadi, & udah itu dulu, he.... (ga perlu aku tulis di blog yaaa)

Sepele banget yang namanya mencatat itu, malesnya ga ketulungan, but someday kita bakal memetik buah yang manis dari proses mencatat ini. Dengan mencatat kita bisa mengevaluasi diri sendiri (minimal itu lah). Kalo ada yang mau nambahin boleh banget.... Aku tunggu.... Keep nyatet, he...

Gambar aku pinjem dari sini

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men