Aug 9, 2012

Di Balik Layar Sebuah Nama


Posted by Eka on Jun 8, '11 6:55 AM for everyone
Nama-nama anak sekarang banyak yang unik-unik bin aneh kalo menurut aku. Ortunya kreatif banget deh. Ada banyak alasan / arti orang tua untuk memilih nama anaknya. Ga jarang alasan-alasan mereka bikin aku ketawa-ketiwi, he... Abiesnya konyol c... Ini dia beberapa nama yang pernah aku dengar dengan alasannya masing-masing :
1. Aldino --> alhamdulillah dia nongol
2. Makawa --> lahirnya malam kamis wage
3. Saklitinov --> lahirnya sabtu kliwon tiga november
4. Ancelia --> si ibu terasa kepingin melahirkan ketika jalan-jalan ke ancol, tadinya mau ancolia namanya, tapi koq aneh diplesetin dikit jadi ancelia
5. Starleta --> lahirnya di mobil starlet
6. Dita Leni Rafia --> artinya diikat tali rafia, kalo ini aku ga tahu pasti alasan orang tuanya ngasih nama begitu, padahal orang jawa lho....
Ada yang punya nama-nama unik & bikin mesem2 yang lainnya? Tolong dishare ya, hihihihi
Posted by Eka on Jun 1, '11 1:45 PM for everyone

Terinspirasi dari seorang Mba yang makeupnya terlihat cukup menor untuk kegiatan shalat di salah satu toko buku yang cukup terkenal. Pada saat itu aku bertanya sendiri dalam hati "Emang boleh yaa ada sisa makeup begitu shalat? Yang terlihat jelas dimata aku adalah bagian kelopak mata yang terlihat cantik karena eye shadow, begitu juga lipstik yang masih mewarnai bibir mungil si Mba. Kalo mau shalat aja itu wajah masilh tersisa makeup begitu berarti dia makeupnya dilakukan sebelum berwudhu yaa? Lho...lho....lho... terus itu wudhunya sah ga ya? Itu air wudhu bisa ga ya meresap ke dalam kulit?"

Besoknya aku yang jarang bedakan ini nyoba pake bedak *aku jarang-jarang pakai bedak, cuma kalo lagi kepingin banget ajah baru pake, hehehe
Siang beraktivitas seperti biasa dengan dampak daerah T terlihat mengkilap karena minyak berlebih, wudhu seperti biasa sampe pulang ke rumah juga biasa. Sampe rumah bersihin muka pakai susu pembersih dan o..ouw... bedaknya masih nempel to di kapas... Kapasnya terlihat warna cokelat... So??? Wudhuku gimana yaa??

Aku bukan tipikal orang religius dan tanpa kesalahan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, yaa karena nyadar banyak dosanya terus shalat itu khan ibadah yang utama dimana wudhu menjadi gerbang penentu diterimanyha ibadah kita.... yaaa cuma kepingin tahu aja kalo kasusnya kayak gitu gimana yaa? Aku pun googling dan menemukan web yang membahas makeup ketika shalat. Ini aku copas dari webnya langsung.

Pertanyaan :

Ulama yang terhormat, As-Salamu `alaykum. Kami para wanita bingung mengenai apakah kami diperbolehkan melaksanakan shalat dengan memakai kosmetik dan lipstik. Beberapa dari kami mengatakan boleh memakai lipstik dll setelah wudhu dan kemudian baru shalat. Yang lain mengatakan shalatnya tidak diterima jika wanita memakai lipstik. Tolong dijelaskan bagaimana hukumnya?


Jawaban (Dr. Muzammil H. Siddiqi):

Wa `alaykum As-Salamu wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

Dengan Nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Segala puji hanya bagi Allah SWT dan shalawat serta salam bagi Nabi Muhammad SAW.

Saudariku, terima kasih banyak atas pertanyaan yang diberikan dan minat anda yang besar untuk belajar tentang ajaran Islam. Semoga Allah membantu anda mendapatkan pemahaman dan selalu berada di jalan yang lurus! Amin!


Untuk pertanyaan anda, seorang wanita boleh shalat dengan memakai kosmetik tetapi kosmetik itu dipakai sesudah ia berwudhu dan ia tidak boleh memakainya di depan publik dimana ia akan dilihat oleh laki-laki. Jika ia memakai make-up di sebuah perusahaan yang pegawainya bercampur antara laki-laki dan perempuan maka ia dianjurkan untuk menutup wajahnya.



Atas pertanyaan anda, Dr. Muzammil H. Siddiqi, mantan Presiden Perhimpunan Islam Amerika Utara, menjelaskan:



“Untuk menjawab pertanyaan anda, saya akan mendiskusikan 2 hal berikut:


Pertama, diperbolehkan bagi seorang wanita menggunakan kosmetik dan lipstik untuk mempercantik dirinya sendiri. Dia diperbolehkan shalat dalam keadaan menggunakan kosmetik asalkan ia memakainya setelah berwudhu. Dan harus dipastikan juga kosmetik yang dipakai itu tidak mengandung sesuatu yang diperkirakan tidak bersih dan dilarang dalam Islam. Beberapa kosmetik mungkin bisa saja mengandung bahan dari babi dan itu dilarang serta tidak boleh dipakai kapanpun juga. Para wanita harus memastikan telah mencuci anggota tubuhnya yang mesti dibasuh oleh air wudhu sebelum memakai lipstik atau kosmetik lainnya. Seorang wanita yang mengabaikan soal wudhu ini hanya gara-gara tidak ingin wudhunya itu mengganggu make-up nya maka ia telah berdosa.



Berwudhu adalah aktivitas penting agar kita bisa melaksanakan shalat. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Shalat tidak diterima tanpa wudhu'." Berwudhu adalah mencuci telapak tangan, berkumur, membersihkan hidung, mencuci wajah mulai dari dahi sampai ujung dagu dan dari telinga kanan sampai ke telinga kiri, membasuh tangan termasuk sikut, membasuh rambut kepala, belakang telinga dan mencuci kedua kaki termasuk pergelangan kaki. Ini adalah Sunnah dalam wudhu. Jika ada bagian dari tubuh yang semestinya dibasuh tetapi tidak dibasuh maka wudhunya tidak lengkap dan shalat yang dikerjakannya pun menjadi tidak sah.


Kedua, Saya ingin menekankan meskipun wanita diperbolehkan menggunakan lipstik atau kosmetik lainnya untuk mempercantik dirinya sendiri, tetapi seperti hal lainnya dalam Islam maka ini pun harus dalam batasan yang tidak berlebih-lebihan. Terlalu banyak menggunakan kosmetik dan menghabiskan uang dan waktu begitu banyak tidak diterima dalam sistem dan nilai-nilai Islam. Islam menginginkan pengikutnya baik itu laki-laki maupun wanita untuk menjadi seseorang yang bersikap rendah hati, sopan, tidak berlebih-lebihan dan sederhana.

Jika ada wanita Muslim yang keluar dari rumahnya, terutama untuk acara kumpul-kumpul bareng, maka mereka mesti lebih hati-hati dengan penampilannya. Penampilan mereka harus tidak terkesan pamer atau terkesan mengundang laki-laki untuk mendekatinya tetapi penampilan yang tetap menjaga harga diri dan kehormatan wanita. Mereka harus menjaga kesucian dirinya sendiri dan juga kesucian masyarakat di sekitarnya. Wanita Muslim di Amerika secara rutin pergi ke Islamic center dan masjid-masjid dan kami pun menganjurkan hal yang sama seperti diatas tadi kepada mereka. Ini dikarenakan hal tersebut memang penting bagi pendidikan Islami mereka dan  keluarga mereka sendiri. Dan banyak dari mereka yang datang ke Islamic center dengan pakaian dan penampilan Islami yang modern.”

Untuk amannya mending bersihin muka dulu baru wudhu, hehehe.... siap-siap bawa toner / sabun muka kemana-mana, hehehe.... Untung aku bukan wawnita pesolek tingkat tinggi, huehehehehe

Semoga Bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men