Aug 8, 2012

261110 Si Panjang Tangan di Metromini 640


Hari ini berangkat kerja sama sekali ga ada firasat apa-apa, semua tampak seperti biasanya.  Hari Jum'at berangkat lebih pagi karena mau senam dulu di lapangan ex-IRTI Monas, naik metromini 640 juga tampak biasa ajah. Entah kenapa akhir-akhir ini lebih memilih duduk di bangku bagian belakang, begitu juga dengan pagi ini, soalnya yang kosong emang tinggal yang belakang :). Beberapa kali orang di samping aku ganti, terakhir kali aku ingat aku bergeser ke dekat pintu & ada laki-laki berkaos hitam di samping aku.

Selama perjalanan sibuk merhatiin kegiatan orang-orang di luar bus, sampai di Stasiun Sudirman aku cuma ngerasa busnya lama banget berhenti. Pas lewat HI ga nyadar, sampai mau turun di depan Graha Bank Mandiri juga ga sadar udah sampai mana. Busnya berhenti karena lampu merah, aku liat ke kanan yang terlihat Graha Bank Mandiri, baru deh otak agak loading aku harus turun di situ, aku pun buru-buru turun tapi terhalang seorang laki-laki yang berbadan besar, aku udah bilang misi, supaya dia turun kalo emang niat turun atau minggir sedikit supaya aku bisa lewat, tapi ternyata dia ga mau. Aku bilang misi lagi, tetep ga direspon. Sementara itu terdengar suara laki-laki lain yang bilang ke laki-laki yang ngalangin aku di pintu belakang "turunnya nanti aja di depan"  ga lama terdengar suara botol jatuh yang ternyata berasal dari tas aku, Chiki Jet Z yang ada di dalam juga jatuh, di situ baru aku sadar retsleting tas udah kebuka semua & aku liat dompet aku ada di tangan orang yang duduk di samping aku, tapi bukan laki-laki berkaos hitam yang aku liat dengan sadar sebelumnya. Refleks aku teriak " COPET !!!!, BALIKIN DOMPET GUE, BALIKIN " ga ada respons dari si copet. Aku teriak lagi " BALIKIN DOMPET GUE " Terus copetnya mau balikin dompet..... aku ambil terus aku turun + tereak " AWAS ADA COPET DI BELAKANG"
Laki-laki yang berdiri di depan pintu bilang gini " UDAH GA USAH TEREAK, UDAH DIBALIKIN JUGA DOMPETNYA"
Damn...... Aku langsung tereak aja "WO DASAR COPET" aku turun dari 640 dengan kaki lemas.

Aku bener-bener ga tahu dan ga inget ada berapa penumpang di dalam bus, selama perjalanan dari Stasiun Sudirman juga aku ga ngeh, itu bus dah sampe mana, kayak orang linglung, entahlah aku diapain ama mereka, mungkin dihipnotis, tapi hipnotisnya kurang ampuh kali ya. Kalo emang aku ga dihipnotis, mungkin akunya aja yang lagi lengah, ga ngeh sama lingkungan sekitar, terus aku juga ga ngapit tas dengan baik & benar, pas mau turun kayaknya aku sampirin ke belakang, makanya to copet-copet bisa buka tas aku. Aku juga ga terlalu ngeh respon dari penumpang lain yang ada di bus, yang aku inget di dalam bus ga cuma aku & ketiga copet beserta supir, ada beberapa penumpang, keneknya ada di luar.

Aku sadar banget teriak dengan lumayang kenceng, tapi kayaknya emang ga ada yang berusaha nolong, termasuk kenek yang ada di luar bus, dah pasti denger tereakan aku, dia ga berbuat apa-apa...... :( Kejadiannya emang cepet banget, aku sama sekali ga kepikiran buat mukul dia, apa nginjek kaki mereka, yang penting dompet dah balik, terus buru-buru kabur dari sarang copet 640. Yaa... meskipun isi dompet jauh dari banyak, kalau sampai berpindah tangan ke si panjang tangan nyesek juga. ngurus ktp lagi, atm, waaaaaaaa tidakkkkkkk.  Meskipun to copet ga dapat dompet tapi dia dapat sekitar Rp 30.000, uang receh yang aku siapin buat ongkos & aku taruh di tas bagian depan. Aku cukup puas, bisa ngelawan to copet, meskipun cuma dengan tereak. Alhamdulillah aku masih dilindungi, bisa aja khan mereka bawa senjata tajam. Dari kejadian ini aku belajar :
  1. Taruh uang ongkos untuk hari ini aja di bagian tas paling depan / saku baju
  2. Dompet & HP taruh di tempat yang paling tersembunyi (taruh di bagian paling dalam juga belum tentu aman, kalo tas disilet si panjang tangan bisa ngambil barang kita dengan mudahnya)
  3. Jangan naruh uang terlalu banyak di dompet, secukupnya aja
  4. Lebih baik ATM ga ditaruh di dompet, di card holder, tapi jadi lebih repot & penuh tasnya
  5. Pegang erat tas di depan
  6. Kalau di satu bagian tas ada 2 retsleting, satukan keduanya di ujung, jangan di tengah, kalau di tengah semakin gampang tas kita dibuka ama si panjang tangan
  7. Jangan bengong di dalam bus, kalau membaca jangan sampai lupa sama keadaan sekitar
  8. Usahan untuk ga duduk di bangku paling belakang, akan lebih baik duduk di bangku depan dekat pintu keluar
  9. Kalau kita sadar akan / sudah dicopet, do something, jangan diam aja, misal teriak minta tolong atau copet balik to si panjang tangan (temenku di kantor ada yang akan dicopet di 640 juga, tangan si panjang tangan dah gerayangan di tas temenku, temenku langsung sadar, dikempitlah tangan si panjang tangan, supaya ga bisa bergerak sementara tangan yang lain masuk ke dalam saku kemeja si panjang tangan & hup dapat hp to temenku, si panjanga tangan turun dengan segera & merelakan hpnya dicopet, entah hp sendiri atau hasil nyopet, niatnya nyopet malah dicopet, wakakakaka, Penghinaan terhadap panjang tangan :P)
  10. Banyak berdoa & zikir
Semoga kejadin ini ga dialami sama temans semua, amin :)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men