Aug 8, 2012

151110 Ini Dia Kerjaanku Selama Jadi CPNS (Berpotensi Sekali Lanjut s.d. PNS)


Seperti yang udah sedikit utarakan melalui jurnal-jurnal sebelum ini bahwa kerjaanku sekarang yang masih CPNS ini, belum ada hubungannya sama sekali dengan akuntansi, yang mana aku juga kurang paham mengenai akuntansi pemerintahan, secara memang belum ada pelatihan khusus untuk itu, aku jadi pengen share ke yang lain kayak gimana c kerjaanku sekarang. Tapi jangan disamaratakan dengan unit kerja lain ya, ini cuma based on me. Unit kerja lain ada yang CPNS-nya sudah berkecimpung dengan akuntansi ampe pusing sendiri (makanya aku bilang belum, satu saat pasti akan berkecimpung juga, he....)
Di tempat aku kerja untuk urusan penyusunan laporan keuangan udah ada orangnya sendiri yang bertanggung jawab akan hal tersebut, jadinya aku dikasih tanggung jawab yang lain deh, yang mana tanggung jawab ini bisa dilakukan oleh siapa pun meskipun bukan lulusan akuntansi. Here they are my job :
1. Bikin Register SPD (Surat Penyediaan Dana), SPP (Surat Permintaan Pembayaran), SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana). Semuanya ditulis tangan, dan kata-katanya dari ketiga register ini sama, bahkan angkanya juga sama, lumayan bikin pegel tangan, tapi enjoy ajah... Toh mengeluh ga bakal selesai nulisnya.
2. Bikin SSP (Surat Setoran Pajak). Bendahara Pemerintahan itu adalah Wajib Pungut (Wapu) jadinya bendahara wajib memungut & menyetorkan pajak yang dia pungut tersebut. Nahh untuk bisa setor kita harus bikin SSP itu dulu. Kalau ini aku ga tulis tangan, pakai komputer terus print deh. Kerjaan ini butuh ketelitian, akunya juga ga terlalu teliti c, tapi selalu berusaha untuk teliti. Jangan sampai ada yang salah mulai dari NPWP, Nama WP, kode setoran, kode pajak, apalagi jumlah nominalnya, harus diteliti, tarifnya udah bener atau belum, kalau ada yang salah bisa berbuntut panjang urusannya, harus ngurus surat ke Kantor Pajak.
3. Menghimpun & filing Bukti SPJ (Surat Pertanggungjawaban). Kerjaan yang ini agak repot, aku harus ngecek kelengkapannya, angka yang di kuitansi udah sesuai belum sama notanya, udah ditandatangani sama Kepala Dinas atau belum. Kalau semua udah ok baru deh difiling per bidang. Untuk ngecek apakah semua No BKU (Buku Kas Umum) udah ada SPJ-nya atau belum aku bikin list di Excel, jadi ketahuan deh mana yang ga ada SPJ-nya. Selama ini yang ngurus SPJ bukan aku, aku baru 3 bulanan ini, jadinya aku harus bikin list mulai dari BKU No. 1, sekarang No BKU-nya dah lebih dari 1.700, mayan khan?
4. Aku juga bantuin bikin kuitansi untuk SPP gaji, TKD, SPP GU, SPP TU, atau SPP UP. Filing daftar gaji & tkd juga aku yang ngerjain.
Meskipun kerjaanya lumayan ga menyita pikiran, tapi lumayan capek juga, apalagi kalau SPJ-nya borongan kayak ini, pegel juga ini bokong duduk mulu ngurusin SPJ. Tapi tetep harus enjoy ajah.
O iya, aku juga punya cita-cita bikin soft copynya juga untuk setiap register yang aku bikin manual, terus bikin satu cara buat mempermudah sistem akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan. Tapi belum punya waktu untuk ngelakuin itu semua, masih banyak yang harus dikerjain. Padahal akhir tahun ini cukup dibutuhkan buat nyusun laporan keuangan. Mohon doanya supaya aku bisa mengeluarkan ide-ide dengan cepat supaya cita-cita aku dalam bekerja ini bisa jadi kenyataan sebelum akhir tahun, paling ga bisa dipakai lah untuk nyusun laporan keuangan tahun ini.
Buat CPNS Pemprov DKI, yang kebetulan lulusan akuntansi, boleh dung dishare gimana kerjaan di unit kalian.

SEMANGAT!!!!! STILL KEEP ON FIGHTING......

Nb : lain kali aku posting juga arti istilah-istilah aneh yang ada di jurnal ini sekalian sama prosedurnya (bisa dilihat di Permendagri No. 13 tahun 2006)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men