Aug 7, 2012

150209 Buat Para Wanita, Ayo Periksa Payudara Sendiri!!!!!!


akhir-akhir ini gue parno banget ma tumor payudara. mungkin semua wanita pasti parno sama yang namanya tumor atau kanker. orang di sekitar gue ada 2 orang yang dioperasi untuk ngambil tumor yang nangkring di payudara. haduhhhh tambah parno lah gue...... jadi pengen tahu seperti apa gejalanya..... sumpah gue takut banget....
kata mereka yang mengalami, gejala yang paling keliatan ada benjolan di payudara, nah benjolan yang seperti apa gue ga ngerti. pas gue iseng-iseng meriksa, gue kaget, menurut gue ada benjolan. tapi gue ga tahu benjolan itu tumor pa bukan, alhasil gue ke dokter umum. gue milih yang cewek. disana diperiksa, sekalian diajarin cara memeriksa payudara. caranya begini:
cara pertama dilakukan sambil berbaring. angkat tangan kanan ke atas, biarkan payudaranya bebas, periksa payudara sebelah kanan dengan tangan kiri dengan cara diraba-raba ke arah puting. kalo ada benjolan yang masih nyambung sama puting berarti bukan. tapi kalo benjolan itu terpisah dari puting dan bisa jalan-jalan, harus diperiksa lebih lanjut. lakukan hal yang sama pada payudara sebelah kiri (tangan kiri yang diangkat, periksa pake tangan kanan). untuk benjolan yang nyambung sama puting biasanya ada dikedua payudara (simetris), yang ini ga papa, ga perlu khawatir.
sebisa mungkin lakukan pemeriksaan sendiri secara berkala, kalo ada yang aneh atau ngerasa ragu ada bahaya pa ga periksa aja ke dokter. misalnya payudara sering nyeri bukan saat menjelang dan selesai haid, puting mengeluarkan nanah / darah. katanya hindari makanan yang banyak mengandung pengawet.....sayangi diri kita sendiri dengan memakan makanan sehat.....

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men