Aug 8, 2012

031011 Tragedi Buku Perpus


Kejadian ini ga aku alami sendiri, tapi dialami oleh anak majikan istrinya customer nyokap. Usaha nyokap khan berhubungan dengan jual beli barang bekas, salah satunya ada kertas bekas, yang mana didalamnya termasuk koran, majalah, kertas hvs bekas, buku tulis, buku cetak, dan segala macam yang terbuat dari kertas, yang masih bisa didaur ulang. Sekitar seminggu yang lalu ada Mas-mas yang jual aneka majalah dan koran ke nyokap. Seminggu berjalan & ga ada kejadian apa-apa.
Tapi hari Senin Kemaren ada cewek yang datang ke rumah bersama si Mas. Dia nyariin nyokap & tanya ada bukunya dia yang ikut kejual apa ga sambil mendeskripsikan buku yang dimaksud. Berhubung nyokap ga bisa baca tulis huruf (kalo angka bisa, faseh malah) dijawab ga tahu mba, kalo emang kebawa kesini nyarinya udah susah mba. Di sini banyak orang, bisa aja ada yang baca terus dibawa deh. Koq kalo masih dipake diloakin c mba?, nyokap tanya gitu. Dia jawab dah pesen ke pembantumya kalo buku jangan dijual. Dalam hati aku teriak ' Jiahhhhh kalo emang mau ngeloakin barang-barang bekas terutama buku & majalah mah diberesin sendiri mba!!!' kalo udah kayak gini khan berabe, iya toh??? Sepele c penyebabnya, tapi dampaknya lumayan toh?

Terus nyokap bilang ke si Mba 'Coba mba cari aja ditumpukin kertas itu atau di dalam karung yang udah diikat rapi itu'. Setelah diubek-ubek majalah yang dari rumahnya ada semua, tapi bukunya ga ada. Aku sendiri ikut bantuin nyari. Buku itu buku Bahasa Perancis, bukunya ada dua, kalo dibaca judul bukunya akan terdengar 'Sour Lo' & 'Ang Fami' (mau tulis tulisannya takut salah, he....) Si cewek tampangnya dah pucat & matanya mulai berkacak-kaca karena menahan tangis. Ternyata bukunya yang ilang & diduga ikut kejual bersama koran dan majalah itu buku pinjaman dari perpustakaan kampusnya, di UNJ sana. Aku terus mikir, waduh buku perpus, kalo di kampusku, Brawijaya ga bisa wisuda kalo masih punya tanggungan buku perpus. Entahlah di UNJ...... Mau ganti to buku si cewek bingung mau beli di mana. Tapi ga ada masalah yang ga bisa diselesaikan khan?
Saran aku buat si Mba, kalo emang to buku bener-bener raib entah kemana, secara dugaan terbesar di rumah aku, tapi ga ada, si Mba mending jujur ke pihak perpus ajah, terus minta solusi yang mengenakan kedua belah pihak. Pastinya si Mba harus ganti, tapi cara gantinya bisa didiskusikan bukan?
Kalo menurut aku si Mba ga bisa nyalahin si Mas & istrinya, intinya, silahkan instrokpeksi diri sendiri mba, kalo dipikirkan secara mundur siapa yang ga care sama barang-barangnya sendiri? Si Mba toh...

Hikmah dari kejadian ini adalah meskipun ada asisten rumah tangga, yang namanya beberes buku, majalah, dsb punya kita, ya harus kita sendiri yang ngelakuin. Atau paling ga kita amanin dulu buku-buku yang masih kita butuhkan.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men